Rabu, 03 Oktober 2012

Laporan Table Manner Bu Tuti Turyani










 










Disusun Oleh :

Anita Siti Yulaika         (04 / XII AP2)




SMK N 1 KLATEN
2012/2013


LEMBAR PENGESAHAN


Laporan yang berjudul Table Manner Course“ di Melia Purosani Yogyakarta  disusun untuk memenuhi tugas Program Kejuruan Administrasi Perkantoran.

Laporan ini telah disahkan oleh guru pembimbing Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran pada :
hari              :
tanggal        :







Mengetahui
 Klaten,      September 2012

Kepala Sekolah
Guru Pembimbing


Drs.M. Sami, M.Pd

Dra. Tuti Turyani



KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada hambanya, khususnya bagi penulis sehingga telah mampu menyelesaikan laporan “Table Manner Course“ di Melia Purosani Yogyakarta.

                Laporab ini tidak akan selesai dengan baik tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Widiyarto selaku kepala sekolah SMK N 1 Klaten.
2.      Ibu Tuti Turyani selaku guru pembimbing.
3.      Teman-teman XII AP 2 yang telah memberikan bantuan dan dukungan.
4.      Semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian karya ilmiah ini.

Penulis juga menyampaikan jika dalam penulisan laporan ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan pembaca, untuk itu penulis dengan senang hati menerima masukan berupa kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga apa yang di harapkan penulis dapat di capai dengan maksimal dan karya ini bermanfaat bagi pembaca.

Klaten,  14 September 2012

Penyusun




Anita Siti Yulaika


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
SMK Negeri 1 Klaten mempunyai salah satu bidang keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris). Adapun bidang keahlian tersebut mempunyaisalah satu bidang kopetensi perjalanan bisnis dan etiket jamuan makan. Berdasarkan hal tersebut, sesuai dengan izin yang diberikan kepala sekolah, siswa-siswi bidang keahlian Administrasi perkantoran mengadakan sebuah perjalan bisnis sekaligus mempelajari suatu jamuan bisnis pada suatu tempat yang tertera pada rincian di bawah ini.
1.2  Manfaat Penulisan
         Manfaat yang di peroleh adalah
-         Melatih siswa untuk mengetahui atiket jamuan makan secara langsung dalam praktek.
-         Melakukan perjalan bisnis.
-                 Memudahkan penilaian untuk kopentensi bidang keahlian administrasi perkantoran secara real.
-          Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
-          Memenuhi tugas membuat laporan table manner.
1.3  Pelaksanaan Table Manner
ü  Hari/Tanggal   : Senin
ü  Jam                  : 09.30 WIB s.d. Selesai
ü  Tempat            : Melia Purosani Hotel
ü  Alamat         : Jl. Suryotomo no. 31 Yogyakarta.

1.4  Metode Pengumpulan Data
Ø  Metode Observasi
Metode pengambilan data dengan cara penyusun datang langsung ke Hotel Melia Purosani Yogyakarta.
Ø  Metode  Dokumentasi
Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengambil gambar atau foto di lokasi.
Ø  Metode Wawancara
Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar Hotel Melia Purosani Yogyakarta.


BAB II
DISKRIPSI HOTEL MELIA PUROSANI

2.1  Sejarah Hotel Melia Purosani
           2.1.1     Oasis di Jantung Kota

Berdiri di tengah kota yang kaya akan tradisi Jawa. Melia Purosani adalah hotel bintang lima dengan konsep oasis. Suasa santai di jantung kota dengan pemandangan kolam dan kebun tropis. Hotel ini hanya beberapa menit berjalan kaki dari banyak tempat wisata terkenal seperti daerah perbelanjaan Malioboro, Istana Sultan dan satu jam dari Candi Borobudur. Hanya 20 menit naik mobil dari Bandara Adisucipto, juga mudah diakses dari hotel adalah Candi Prambanan, Istana Taman Sari, Museum Sono Budoyo, Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis.
 2.1.2   Akomodasi
            Melia Purosani menawarkan akomodasi bintang 5 yang mewah di kamar 280, 1 Presidential suite, 4 suite eksekutif, 5 suite Duplex , 34 kamar eksekutif Level, 34 kamar Grand dan 202 kamar deluxe. Para tamu Melia Purosani menikmati pilihan yang sangat baik masakan di sejumlah restoran: Parangsari, restoran taman kolam renang adalah tempat untuk santai makan. Patio El, 24 jam kedai kopi menawarkan tarif Asia dan Internasional, sementara di lingkungan yang lebih formal, Ching San restoran Cina menawarkan masakan Kanton dan Szechuan. Untuk koktail dan entertaiment ada Soka Lounge, sementara the Pub Med menawarkan live band tiap malam dengan suasana Mediteran.

 

Deluxe Room

Kamar yang luas berukuran 42 m2 kebun dan menghadap ke kolam renang dan indah atau kota Yogyakarta. Sebuah perpaduan sempurna antara kemewahan dan kenyamanan. Kamar menyediakan satu tempat tidur king size atau dua tempat tidur single berdasarkan permintaan pada saat kedatangan di hotel.

Lukisan yang indah menghiasi dinding, dan ada cermin besar dengan bingkai kayu di samping kamar mandi menghadap lemari.

Grand Room
Luas diperbaharui kamar berukuran 52 m2 di lantai 2 hingga 5 dan menghadap ke kolam renang dan taman yang indah atau kota Yogyakarta. Sebuah perpaduan sempurna antara kemewahan dan kenyamanan. Kamar menyediakan satu tempat tidur king size atau dua tempat tidur single berdasarkan permintaan pada saat kedatangan di hotel.

Kamar dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman untuk bersantai menonton kabel dan TV satelit. Televisi dapat dibalik untuk menghadapi area kamar tidur yang terletak di sisi lain ruangan. Lukisan yang indah menghiasi dinding, dan ada cermin besar dengan bingkai kayu di samping kamar mandi menghadap lemari.

Tingkat
Luas kamar berukuran 42 m2 di lantai eksekutif 6. Lantai Eksekutif memadukan kemewahan dan kenyamanan individu dan menyediakan sistem pendingin udara. Kamar menyediakan satu tempat tidur king size atau dua tempat tidur single berdasarkan permintaan pada saat kedatangan di hotel.

Layanan:
·         Akses eksklusif ke The Level Lounge terbuka dari 6 sampai 10 malam.
·         Cepat dan efisien check-in dan check-out di The resepsi swasta Tingkat
·         Welcome drink di The Lounge Tingkat
·         Sarapan prasmanan mewah di The Level Lounge atau di toko Patio Coffee El
·         Gratis teh, kopi, jus, minuman ringan dan bir dengan makanan ringan panas dan dingin dari 4 pm. sampai 6 pm Level Lounge.
·         Butler layanan pribadi dari 7 am. sampai 10 malam.
·         Terlambat check-out sampai dengan 04.00 WIB. (Tergantung ketersediaan)
·         Surat kabar harian pilihan Anda
·         24-jam layanan kamar
·         Minum teh sore di lounge Tingkat
Duplex Suite
Suite yang luas berukuran 110 m2 di lantai eksekutif dan sempurna campuran kemewahan dan kenyamanan individu dan menyediakan sistem pendingin udara. Kamar menyediakan satu tempat tidur berukuran besar berdasarkan permintaan pada saat kedatangan di hotel.

Sebuah kamar Suite dibangun pada dua tingkatan. Tingkat pertama memiliki ruang bagi Anda untuk bersantai dengan rekan-rekan teman-teman, keluarga atau bisnis sementara Anda tinggal di Suite. Kamar tidur terletak secara terpisah di lantai atas untuk privasi yang lebih besar dan ada sofa mengatur samping tempat tidur.

Layanan:
ü  Akses eksklusif ke The Level Lounge buka 07:00-10:00.
ü  Cepat dan efisien check-in dan check-out di The resepsi swasta Tingkat
ü  Welcome drink di The Lounge Tingkat
ü  Sarapan prasmanan mewah di The Level Lounge atau di toko Patio Coffee El
ü  Gratis teh, kopi, jus, minuman ringan dan bir dengan makanan ringan panas dan dingin dari 4 pm. sampai 6 pm Level Lounge.
ü  Butler service pribadi dari jam 7 pagi. sampai 10 malam.
ü  Terlambat check-out sampai dengan 04.00 WIB.
ü  Surat kabar harian pilihan Anda
ü  24-jam layanan kamar
ü  Minum teh sore di lounge Tingkat
Executive Suite
Sebuah ruang menghubungkan-suite dengan kamar tidur terpisah dan ruang tamu berukuran 120 m2 di lantai eksekutif dan sempurna campuran kemewahan dan kenyamanan individu dan menyediakan sistem pendingin udara. Kamar menyediakan satu tempat tidur berukuran besar berdasarkan permintaan pada saat kedatangan di hotel.

Ruang tamu memiliki tempat duduk terpisah dan ruang makan serta meja tulis.

Layanan:
ü  Akses eksklusif ke The Level Lounge buka 07:00-10:00.
ü  Cepat dan efisien check-in dan check-out di The resepsi swasta Tingkat
ü  Welcome drink di The Lounge Tingkat
ü  Sarapan prasmanan mewah di The Level Lounge atau di toko Patio Coffee El
ü  Gratis teh, kopi, jus, minuman ringan dan bir dengan makanan ringan panas dan dingin dari 4 pm. sampai 6 pm Level Lounge.
ü  Butler service pribadi dari jam 7 pagi. sampai 10 malam.
ü  Terlambat check-out sampai dengan 04.00 WIB.
ü  Surat kabar harian pilihan Anda
ü  24-jam layanan kamar
ü  Minum teh sore di lounge Tingkat
Presidential Suite
Sebuah Suite luar biasa luas seluas 350 m2 di lantai eksekutif dan menyediakan tempat tidur king atau queen.

Sebuah kamar Suite dibangun di atas dua tingkat di lantai eksekutif dan dengan desain eksklusif. Dua kamar tidur eksekutif yang terletak di tingkat atas. Kamar tidur utama dilengkapi dengan pusaran air mandi, shower terpisah dan sauna.

Area kerja dilengkapi dengan perpustakaan, ruang makan dengan dapur pribadi, dan ruang tamu di daerah pusat dilengkapi dengan audiovisual hiburan dan terletak pada tingkat pertama.

Sebuah walk-in terpisah ruang ganti adalah fitur mewah yang jarang ditemukan di jenis-jenis kamar.

Manfaat yang dirancang secara khusus untuk tamu seperti tercantum di bawah ini:

Layanan:
ü  Akses eksklusif ke The Level Lounge buka 07:00-10:00.
ü  Cepat dan efisien check-in dan check-out di The resepsi swasta Tingkat
ü  Welcome drink di The Lounge Tingkat
ü  Sarapan prasmanan mewah di The Level Lounge atau di toko Patio Coffee El
ü  Gratis teh, kopi, jus, minuman ringan dan bir dengan makanan ringan panas dan dingin dari 4 pm. sampai 6 pm Level Lounge.
ü  Butler service pribadi dari jam 7 pagi. sampai 10 malam.
ü  Terlambat check-out sampai dengan 04.00 WIB.
ü  Surat kabar harian pilihan Anda
ü  24-jam layanan kamar
ü  Minum teh sore di lounge Tingkat.
         2.1.3       Thelevel
Tingkat
Luas kamar berukuran 42 m2 di lantai eksekutif 6. Lantai Eksekutif memadukan kemewahan dan kenyamanan individu dan menyediakan sistem pendingin udara. Kamar menyediakan satu tempat tidur king size atau dua tempat tidur single berdasarkan permintaan pada saat kedatangan di hotel. Melia Purosani menawarkan The Level di lantai Eksekutif disin dapat dapat menikmati layanan check in dan check out secara khusus di reception di lantai Eksekutif.

Layanan:
ü  Akses eksklusif ke The Level Lounge terbuka dari 6 sampai 10 malam.
ü  Cepat dan efisien check-in dan check-out di The resepsi swasta Tingkat
ü  Welcome drink di The Lounge Tingkat
ü  Sarapan prasmanan mewah di The Level Lounge atau di toko Patio Coffee El
ü  Gratis teh, kopi, jus, minuman ringan dan bir dengan makanan ringan panas dan dingin dari 4 pm. sampai 6 pm Level Lounge.
ü  Butler service pribadi dari jam 7 pagi. sampai 10 malam.
ü  Terlambat check-out sampai dengan 04.00 WIB. (Tergantung ketersediaan)
ü  Surat kabar harian pilihan Anda
ü  24-jam layanan kamar
ü  Minum teh sore di lounge Tingkat.
2.1.4    Fasilitas
Fasilitas di Melia Purosani adalah yang terbaik di Yogyakarta. Di kebun tropis yang indah dan kolam renang yang las dengan air terjun dan air mancur. Disepurnya terdapat spa, pusat kebugaran yang menawarkan pijat dan sauna. Tamu hotel dimanjakan dengan fasilitas yang sangat lengkap termasuk beberapa konter untuk belanja, klinik di dalam hotel, salon kecantikan, ruang main anak, dan permainan billiard.
            2.1.5    Fasilitas Pertemuan
Dengan peninggalan budaya Yogyakarta menciptakan konferensi dan pertemuan dengan lingkungan yang luar biasa. Dengan fasilitas komunikasi yang baik, pelayanan secretariat, ruang pertemuan yang bagus dan pelayanan yang memuaskan, Melia Purosani menyediakan pelayanan yang sama. Beberapa fasilitas tersebut terdiri dari lima buah ruang pertemuan untuk 60-95 dengan pengaturan ruang secara teater dan Amarta Balroom dengan kapasitas 600 orang, termasuk  area pre-function. Ballrom utama dapat dipisah menjadi dua ruangan yang dapat dipakai secara terpisah.
Pertemuan Paket
Peninggalan budaya Yogyakarta menciptakan Environtment yang luar biasa untuk pertemuan dan koferensi yang imajinatif. Fasilitas tersebut di antaranya adalah ruang pertemuan dan satu Ballroom Amarta. Beberapa ruang pertemuan dapat dibagi menjadi dua kamar terpisah dan masing-masing tersedia untuk disewa terpisah.

Ruang Pertemuan
Kamar
m2
Tinggi
Dimensi
Koktil
Teater
Kelas
Putaran
Papan
U-Shape
Amarta Ballroom
413
6.1
25x16.5
500
520
200
290
-
96
Yudhistira
65
2.3
12x5.4
80
80
24
40
24
22
Bima
44
2.3
8.1x5.4
50
48
16
30
16
16
Arjuna
44
2.3
8.1x5.4
50
48
16
30
16
16
Nakula
45
2.3
8.3x5.4
50
48
16
30
16
16
Sadewa
66
2.3
12.3x5.4
80
80
44
80
24
24

            2.1.6    Pernikahan
Jika ingin merayakan pernikahan, resepsi dan bulan madu dengan cara yang sama yang Anda telah bermimpi tentang hal itu. Menemukan lokasi impian dan mampu memilih eksklusivitas dalam setiap detail sangat penting. Kami sangat senang untuk mengundang Anda untuk menemukan cinta seperti yang Anda belum pernah mengalaminya sebelumnya. Rayakan momen tak terlupakan Anda di hotel mewah berbintang lima di pusat kota Yogyakarta.
         2.1.8       Dining
EL-Patio
Coffee shop hotel, yang terletak di lobby level, menawarkan makan sepanjang hari dengan berbagai pilihan masakan Asia dan Internasional. Ruang makan pribadi juga tersedia untuk makan pribadi. Buka setiap hari 24-jam.
Soka Lounge
The Lounge Soka terletak di area lobi dan menyediakan tamu dengan suasana nyaman dan klasik. Para tamu juga dapat menikmati pemandangan spektakuler atas taman oasis yang indah kami sambil mendengarkan musik setiap sore mulai pukul 06.00 WIB sampai 21:00 Buka setiap hari dari pukul 07.00 pagi sampai 12.00 tengah malam.
Parangsari
Terletak di kolam renang spektakuler dan taman yang indah, udara terbuka kami Restaurant Parangsari menawarkan makanan ringan. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai 06:00
Ching San Chinese Restaurant
The Restaurant terbaik otentik Cina di Jawa Tengah menawarkan Kanton dan Szechuan piring. Satu kamar pribadi juga disediakan untuk privasi dan makan malam eksklusif. Buka setiap hari untuk makan siang 11:30-14:00 dan makan malam mulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB

Pub Med
Pub Med adalah Mediterania - bar gaya dengan suasana yang nyaman. Salah satu desain berselera dan modern di kota. Tempat yang sempurna untuk menghibur klien bisnis atau hanya bersantai dengan mendengarkan live band kami, bermain game pool atau hanya duduk di teras Pub yang menikmati minuman favorit Anda. Menawarkan koktail eksotis, minuman campuran, makanan ringan, dan berbagai pilihan kopi Mediterania. Selamat jam waktu 17:00-07:00 Live band pada hari Rabu - Sabtu dari pukul 09.00 p. m sampai 12.00 tengah malam. Buka setiap hari dari 5:00 sampai 12.00 tengah malam.


BAB III
TABLE MANNER        

3.1  Definisi
            Table Manner adalah tata cara, sikap, dan sopan santun kita didalam perjamuan makan.
3.2         Langkah-langkah yang harus diperhatikan bila kita menerima undangan makan:
ü  Mengkonfirmasikan kehadiran kepada pihak yang mengundang. Biasanya dalam undangan ada tulisan RSVP (Respondez S’il Vous Plait) yang berarti “Mohon Jawaban Segera” (jangan membawa teman melebihi ketentuan yang sudah ditentukan oleh pengundang).
ü  Menjabat tangan tuan rumah di depan pintu masuk ruangan. Perkenalkan pasangan bila perlu, kemudian berbaur dengan undangan lainnya.
ü  Sebelum jamuan makan, biasanya ada Cocktail Party dimana dihidangkan makanan ringan dan minuman. Mintalah minuman yang tersedia dan jangan minta minuman yang tidak ada.
ü  Hindari berbicara dengan satu orang saja atau teman sendiri.
ü  Hindari membuat satu kelompok.
ü  Kendalikan intonasi suara saat berbicara dan saat tertawa jangn terbahak-bahak sehingga mengundang perhatian orang lain.
ü  Cari tempat duduk yang sesuai dengan table plan. Apabila kita membawa pasangan, kita mempersilakan pasangan kita duduk lebih dahulu dengan menarikkan kursi untuknya.
ü  Berperilaku baik dan sopan.
ü  Berpakaian yang formal dan rapi.

3.3  Cara Duduk
ü  Kursi tidak boleh terlalu dekat dengan meja makan.
ü  Tangan tidak boleh dilipat di atas meja, tetapi diletakkan di pangkuan.
ü  Posisi badan tegap dan tegak.
ü  Kaki tidak boleh menyilang dilipat.
ü  Ketika duduk, tidak boleh melirik ke kanan dan ke kiri.

3.4        Cara Menggunakan Napkin
ü  Pada saat duduk, biasanya Waiter akan membukakan napkin kita. Jika tidak maka kita dapat membukanya sendiri, lalu meletakkannya di atas pangkuan kita.
ü  Napkin hanya digunakan untuk membersihkan bagian mulut atau bibir yang kotor.
ü  Napkin tidak boleh digunakan untuk membersihkan keringat.

3.5  Cara Menggunakan Peralatan Makan
ü  Memulai dari peralatan yang terluar kemudian ke dalam.
ü  Peralatan yang dekat dengan napkin untuk makanan utama.
ü  Untuk makanan penutup biasanya diletakkan disisi atas.

3.6    Cara Memegang Pisau
ü  Pisau harus lurus maka gunakan jari telunjuk untuk pekenan pisau, jari tengah dan ibu jari sebagai penjepit pisau.
ü  Posisi fork (garpu) miring menghadap ke dalam, jari telunjuk sebagai penekan, jari tengah dan ibu jaari sebagai penjepit fork.

3.6  Cara Memakan Roti
ü  Ambil roti dan sobek menjadi bagian kecil.
ü  Ambil butter dengan menggunakan pisau butter yang tesedia, kemudian oleskan pada roti yang sudah di sobek kecil tadi. Jika butter dihidangkan menggunakan piring ambil butter dengan menggunakan sendok.
ü  Roti dapat dimakan bersama salad atau sup.
ü  Bila roti tadi sudah habis jangan minta kembali.

3.7  Cara Memakan Salad atau Soup
ü  Biasanya sup dihidangkan menggunakan sup, sedangkan salad dihidangkan memnggunakan mangkuk salad atau piring salad.
ü  Sup dimakan menggunakan sendok sup dan tangan kiri memegang handle soup cup.
ü  Salad dimakan menggunakan pisau dan garpu, tangan kanan memegang pisau, jai telunjuk menekan sisi atas pisau.
ü  Jika sup tinggal sedikit, mangkuk cukup cukup dimiringkan. Sendoknya yang bergerak bukan mangkuknya yang diangkat.
ü  Makan sup dari bagian pinggi sendok, bukan dari depan.
ü  Upayakan tangan menyiku dan dekat dengan badan.
ü  Jika sudah selesai, letakkan sendok pada bagian luar di atas saucer.
ü  Roti tadi jangan dimasukkan ke dalam sup.

3.8  Cara Makan Makanan Utama
ü  Makanan ini biasanya disajikan setelah makanan pembuka atau sup.
ü  Alat yang digunakan untuk memakan tergantung dari jenis makanan yang disajikan.
ü  Pada umumnya masakan eropa menggunakan pisau dan garpu. Apabila makan bahannya dari pasta gunakan sendok dan garpu. Sendok digunakan disebelah kiri dan garpu disebelah kanan karena kegunaan sendok hanya untuk penahan dan garpu sebagai pemutar pasta.

3.9  Cara Makan Makanan Penutup
ü  Biasa disajikan setalah makanan utama.
ü  Makanan penutup bisa bermacam-macam , antara lain: Cake, Pudding, Fruit, Ice Cream.
ü  Coffee & tea akan disajikan setela dessert dihidangkan. Coffee dihidangkan bersama cream/milk. Tea dihidangkan dengan sclice lime.

3.10    Cara Minum
ü  Sebelum minum, bersihkan mulut dari sisa-sisa makanan.
ü  Pastikan tidak ada makanan didalam mulut.

3.11    Kapan Berbicara dan Kapan Menyela Pembicaraan
ü  Hindari saat mulut terisi dengan makanan.
ü  Disaat berbicara dengan orang lain, tangan jangan memegang alat makan karena tidak sopan.
ü  Tekanan suara jangan terlalu keras.
ü  Jika memsnggil seseorang jangan berteriak-teriak.
ü  Jangan menyela pembicaraan orang lain.


BAB IV
HASIL TABLE MANNER COURSE

   4.0    Hasil Kegiatan Table Manner         

Ø  Penyambutan dan perkenalan tentang Hotel Melia Purosani.
ü  Oasis Hotel Melia Purosani.
ü  Akomodasi.
ü  Thelevel.
ü  Fasilitas.
ü  Fasilitas Pertemuan.
ü  Business Center.

Ø  Macam-macam demo, antara lain:
ü  Cara membuat garnish dari buah semangka menjadi bentuk bunga mawar.
ü  Baetender
ü  Show Cooking dengan menu sup dan steak.

Ø  Table Manner Amarta Ballroom
Menu:
ü  Appetizer Temptation Salad. Saup chicken soup with sausage.
ü  Main course Beef lenderlion with black papper sauce. Seasonal vegetables french fries.
ü  Dessert sliced fruid. Coffee or tea.
Di acara ini kita semua dilatih tata cara makan.
Ø  Berkeliling Hotel Melia Purosani.

Ø  Makan Ice Cream.

Ø  Berbelanja di Malioboro.


BAB V
PENUTUP


5.1  Kesimpulan

Dengan acara ini siswa mampu mengenal penataan meja untuk jamuan makan, kartu undangan yang disiapkan, dan apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan pada saat jamuan makan (etika sopan santun).

5.2  Saran
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini banyak ditemui kesulitan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik agar kami dapat menyempurnakan karya tulis ini.

Demikianlah Kesimpulan dan saran dalam pembuatan laporan ini. Dalam pembuatan laporan ini banyak sekali kekurangan-kekurangan, untuk itu  penulis sebagai manusia biasa mohon maaf atas segala keurangan dan kekhilafan. Semoga laporan ini
bermanfaat bagi kita semua.


LAMPIRAN










Tidak ada komentar: